Halaman


Jumat, 18 Januari 2019

Penanaman Pohon Mangrove

Persiapan penanaman mangrove
Kegiatan penanaman mangrove ini merupakan hasil dari observasi yang kami lakukan sebelum pelaksanaan KKN di desa Pangpajung. Dalam proses observasi kami melihat sisi jalan disepanjang pantai terdapat lubang yang cukup besar. Hal tersebut diakibatkan oleh gelombang air laut yang menghantam dinding pembatas antara jalan dan pantai. Kelompok kami berusaha mengamati dan ternyata tidak adanya tanaman mangrove yang dapat memecah gelombang sebelum menghantam dinding pembatas antara jalan dan pantai.

Penanaman Pohon Mangrove
Penanaman Pohon Mangrove

Oleh sebab itu, sebelum pelaksanaan KKN kelompok kami berdiskusi terkait masalah mangrove kepada kepala desa Pangpajung. "Dulu memang ada pihak luar yang menanam mangrove disitu juga mas, tetapi mati semua tanamannya. Banyak faktor yang jadi penyebabnya, kemungkinan paling  besar yaitu terbawa arus laut yang kencang" kata kepala desa Pangpajung. Setelah itu kami meminta izin ke kepala desa Pangpajung untuk menanam pohon mangrove yang kami bawa dari Telang. Kami juga mengatakan berusaha untuk meminta bantuan dari pihak terkait untuk masalah ini.
Mangrove yang telah ditanam
Kelompok KKN 47 juga menyusun sebuah proposal yang bekerja sama dengan kelompok tani di desa Pangpajung untuk mengajukan permohonan bantuan kegiatan penanaman pohon mangrove dari pihak Dinas Provinsi Jawa timur, Dinas Lingkungan Hidup, dan Dinas Kelautan dan Perikanan. Setelah penyusunan proposal tersebut, perwakilan kelompok akan mengirimkan proposal tersebut ke pihak terkait.
Proses Penanaman Mangrove
Proses Penanaman Mangrove

Sehingga dalam pelaksanaan proker penanaman mangrove ini kelompok kami siap mengawal pelaksanaan kegiatan ini jika disetujui oleh pihak dinas terkait diluar jadwal pelaksanaan kegiatan KKN 2018/2019. Tentunya kelompok kami berharap mendapat bantuan dari pihak Dinas Provinsi Jawa Timur untuk kegiatan penanaman pohon mangrove di area desa Pangpajung mengingat dampak yang diakibatkan oleh abrasi tergolong cukup parah yang dapat membuat dinding pembatas hancur dan jalan ambles.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Inisiasi Budidaya Ikan Lele

Inisiasi Budidaya Ikan Lele  Produk Unggulan  A. Latar Belakang   Desa Pangpajung merupakan salah satu desa yang terletak di Keca...