Halaman


Selasa, 22 Januari 2019

Potensi Desa

1.    Potensi Peternakan
            Usaha sampingan masyarakat Desa Pangpajung terdiri dari kegiatan peternakan, kegiatan pemanfaatan pekarangan dan industri rumah tangga. Peternakan yang terdapat di Desa Pangpajung yaitu meliputi:
a.    Sapi
Potensi Peternakan Sapi
 Berternak Sapi Madura merupakan bentuk investasi harta masyarakat Desa Pangpajung dan hampir setiap rumah memiliki peliharaan hewan ternak, tetapi kebanyakan setiap peternak hanya dijadikan pedaging bukan untuk diternakkan. Oleh karena itu, fluktuasi jumlah sapi riskan terjadi karena terpengaruh oleh kebutuhan ekonomi warga apabila ada hajatan atau membutuhkan uang, sehingga warga cenderung memilih untuk menjual hewan ternaknya.

b.    Kambing
Potensi Peternakan Kambing

Ternak kambing merupakan salah satu bentuk investasi harta masyarakat Desa Pangpajung setelah sapi, dan hampir setiap rumah di Desa Pangpajung memiliki hewan ternak kambing. Berbeda dengan sapi, kambing yang diternak warga Pangpajung lebih banyak yang diperkembangbiakkan. Namun, ada juga hewan ternak kambing yang dijual untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak. Disisi lain, setiap warga mempunyai kambing lebih dari 5 ekor dengan didukung oleh luas lahan mereka, sehingga kambing dapat menjadi potensi bagi warga ketika kambing yang dipeliharanya dapat menghasilkan keuntungan.

c.    Ayam Kampung dan Ayam Pedaging
 

Potensi Peternakan Ayam
Ayam daging juga dikembangkan oleh masyarakat Pangpajung yaitu di Dusun Darih. Ternak ayam daging digunakan untuk sumber olahan  makanan masyarakat Pangpajung. Selain itu, ayam daging juga dijual ke pasar yang ada di Pangpajung untuk masyarakat sekitarnya. Ayam kampung juga menjadi hewan ternak peliharaan masyarakat Pangpajung. Hampir setiap rumah mempunyai ternak ayam kampung. Ternak ayam kampung dipilih oleh masyarakat karena ayam kampung merupakan hewan yang mudah perawatannya, bisa dijual dan dikonsumsi sendiri.

d.    Tambak
 
 
Potensi Peternakan Budi Daya Udang
Penangkaran jenis udang juga ada di Desa Pangpajung. Penangkaran udang terdapat dibeberapa titik yang digunakan sebagai lahan tambak. Pemanfaatan lahan tambak menjadi salah satu solusi untuk mengambil keuntungan dari keberadaan potensi lahan yang ada. Terlebih lagi keberadaan tambak dapat mendongkrak perekonomian desa khususnya bagi warga sekitar.

e.    Bebek
Potensi Peternakan Bebek
Ternak bebek juga terdapat di Desa Pangpajung. Ternak bebek dimanfatakan oleh masyarakatnya untuk diambil daging dan telurnya. Ternak bebek juga banyak diminati oleh masyarakat Desa Pangpajung.


2.    Wiraswasta
Masyarakat Desa Pangpajung juga memiliki beberapa pekerjaan diantaranya yaitu:

  a. Buruh Tani

Potensi Wiraswasta Buruh Tani
Buruh tani merupakan salah satu aset sumber daya manusia (SDM) di Desa Pangpajung, jadi sangat penting untuk diberdayakan. Potensi pertanian di Pangpajung sangat besar yang bisa mendorong jasa buruh tani untuk berkembang, terutama kaum perempuan. Pada waktu musim tanam, hampir setiap hari masyarakat Pangpajung khususnya perempuan menjadi buruh tanam secara bergantian, karena mayoritas yang bekerja menjadi buruh tanam pada dasarnya juga pemilik sawah sendiri.

b.    Angkutan Umum



Angkutan Umum di Desa Pangpajung
Jasa angkutan umum di Desa Pangpajung merupakan jasa transpotasi darat untuk masyarakat umum yang cukup diperlukan oleh masyarakat Pangpajung dan sekitarnya. Biasanya angkutan umum dimanfaatkan oleh masyarakat untuk pergi ke pasar yakni mengangkut barang. Angkutan umum yang ada di Desa Pangpajung berupa angkutan mobil dan BETOR (becak motor).


c.    Penggilingan Padi

Potensi Wiraswasta Penggilingan Padi
Jasa penggilingan padi merupakan potensi yang mendukung hasil pertanian yang ada di Desa Pangpajung. Apabila sudah terdapat penggilingan padi, warga tidak perlu jauh-jauh untuk mengolah hasil pertaniannya. Selain itu, adanya penggilingan padi dapat membantu petani untuk mempercepat pekerjaan para petani.

3.    Pengrajin atau Industri

a.    Mebel
Potensi Mebel Kayu
Mebel merupakan salah satu penghasil kerajinan dan perabotan rumah tangga berbahan baku kayu. Jenis perabotan rumah tangga seperti lemari, kursi, ranjang, dan masih banyak lagi hasil kerajinan yang diciptakan oleh tukang. Hal ini menjadi potensi yang baik dari segi pengolahan hasil bumi dan menyediakan lapangan pekerjaan masyarakat Pangpajung bagi yang mempunyai keahlian dalam bidang kerajinan.

b.    Pabrik tahu

Potensi Industri Pabrik Tahu
Pabrik tahu merupakan industri yang ada di Desa Pangpajung dan salah satu potensi desa karena bisa mendorong perekonomian di desa. Di pabrik tahu dapat memperkerjakan penduduk setempat sebagai tenaga kerjanya. Terdapat satu pabrik tahu yang terletak di Dusun Darih yang bisa memproduksi 1-1.5 ton per harinya.

c.   Tusuk Sate


Potensi industri Tusuk Sate
Bambu merupakan salah satu tanaman yang mudah dijumpai di Desa Pangpajung. Bambu dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk dijadikan sebagai tusuk sate. Industri tusuk sate terdapat di Dusun Darih. Pemanfaatan pohon bambu dapat memberikan manfaat khususnya menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.

d.    Distributor Kerupuk











Distributor Kerupuk
Salah satu kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh warga lokal dusun Darih Desa Pangpajung adalah industri makanan kerupuk. Hasil industri makanan kerupuk akan dijual kepada para pedagang di Pasar Darih dan Pasar Kedungdung. Industri kerupuk  merupakan industri rumahan yang hanya melibatkan beberapa pekerja untuk mengerjakan bagian pengepakan atau packaging.

e.    Produksi Clurit

Potensi Pengrajin Clurit
Clurit merupakan alat tradisional khas masyarakat Madura yang digunakan untuk mencari rumput, memanen hasil pertanian, dan lain-lain. Industri clurit terdapat di Dusun Baalang dan masih dalam bentuk industri skala kecil. Pemasaran clurit hanya dipasarkan di pasar dan warga lokal Pangpajung.

4.    Pedagang

a.    Pasar
Potensi Pedagang Pasar Pangpajung
Desa Pangpajung juga mempunyai pasar yaitu pasar yang terletak di Dusun Darih. Pasar Darih tidak buka setiap hari, namun hanya buka pada hari tertentu yaitu Minggu, Senin, dan Jum’at. Pasar Darih memiliki potensi sebagai pusat kegiatan jual beli yang memiliki daya tarik penduduk untuk datang. Pasar Darih memiliki peran yang penting sebagai pembuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Pangpajung untuk berwirausaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Inisiasi Budidaya Ikan Lele

Inisiasi Budidaya Ikan Lele  Produk Unggulan  A. Latar Belakang   Desa Pangpajung merupakan salah satu desa yang terletak di Keca...