Halaman


Selasa, 22 Januari 2019

Sejarah Desa

     Setiap desa atau daerah pasti memiliki sejarah dan latar belakang tersendiri yang menjadi pencerminan dari karekter dan pencirian khas tertentu dari suatu daerah. Sejarah desa atau daerah sering kali tertuang dalam sastra lisan yang diwariskan secara turun temurun dari mulut ke mulut, sehingga sulit untuk dibuktikan secara fakta. Tidak jarang sastra lisan tersebut dihubungkan dengan mitos tempat-tempat tertentu yang dianggap keramat. Desa Pangpajung juga memiliki hal tersebut yang menjadi identitas dari Desa Pangpajung. Identitas Desa Pangpajung akan kami tuangkan dalam kisah dibawah ini.
          Menurut keterangan Kepala Desa Pangpajung, nama Desa Pangpajung berasal dari adanya 3 kepala desa dalam satu desa, karena banyak masyarakat yang mengatakan bahwa Desa Pangpajung kecil tetapi terdapat 3 kepala desa. Akhirnya, Desa Pangpajung membentuk satu kepala desa yakni H. Moh Muhsin sebagai Kepala Desa pertama di Desa Pangpajung. Desa Pangpajung mempunyai arti Payung di mana sistem pemerintahan di Desa Pangpajung pada jaman dahulu sama halnya seperti payung yakni pada awalnya bercabang dan pada akhirnya menjadi satu. Desa Pangpajung terdiri dari 4 Dusun yaitu Dusun Darih, Dusun Baalang, Dusun Gumung dan Dusun Geppeng. Setiap dusun terdapat keunikan dan potensi yang berbeda-beda. Salah satu dusun yang mempunyai keunikan adalah Dusun Gumung. Dusun Gumung mempunyai keunikan dari namanya yakni sering disebut dengan Dusun Tangkumung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Inisiasi Budidaya Ikan Lele

Inisiasi Budidaya Ikan Lele  Produk Unggulan  A. Latar Belakang   Desa Pangpajung merupakan salah satu desa yang terletak di Keca...