Halaman


Kamis, 25 Juli 2019

Demografis Desa


A.     Demografis Desa
1. Jumlah penduduk
Jumlah penduduk Desa Pangpajung per januari 2017 terdiri dari :


2. Tingkat Pendidikan
Rendahnya tingkat pendidikan masyarakat ternyata sangat berpengaruh pada perkembangan perekonomian masyarakat desa Pangpajung serta berpengaruh pada pola pikir masyarakat yang cenderung masih sulit untuk berpikir secara modern baik dibidang pertanian maupun perdagangan.
Tenaga kerja Desa Pangpajung masih sangat rendah tingkat pendidikannya yang didominasi pendidikan tingkat dasar, sehingga untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka sangat tergantung dari hasil pertanian itupun masih dengan pola lama dan mereka masih banyak yang menggunakan cara bercocok tanam secara tradisional berdasarkan kondisi pendidikan di atas, maka perlu adanya pemerataan pendidikan baik dibidang pendidikan di tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Lanujutan Pertama dan Sekolah Menengah Umum, untuk menyiapkan SDM yang siap pakai, demi peningkatan kesejahteraan masyarakat itu sendiri. 
Berdasarkan data kualitatif yang diperoleh menunjukkan bahwa di Pangpajung kebanyakan penduduk hanya memiliki bekal pendidikan formal pada level  tidak tamat pendidikan dasar 36,57% dan Pendidikan Menengah SLTP dan SLTA 23,57%. Sementara yang dapat menikmati pendidikan di Perguruan Tinggi hanya 2,40%.
Dari data di tabel, diketemukan fakta yang menarik yaitu jumlah laki-laki terdidik prosentasenya lebih tinggi dibandingkan dengan perempuan, dalam prosentasenya laki-laki terdidik sebesar 31,81% sedangkan perempuan 30,74 %.
Proporsi perempuan dapat mengenyam pendidikan berdasarkan jenis kelamin dibandingkan dengan dengan total jumlah penduduk yang tercatat di bulan Januari 2015 adalah sebagai berikut : Perempuan Tamat SD 19,22%; SLTP 7,03%; SLTA 3,69%;. Sementara perempuan yang dapat melanjutkan ke perguruan tinggi lebih sedikit dibandingkan laki-laki yaitu 0,80% berbanding 1,60%. Apabila dibandingkan dengan jumlah masing-masing jenis kelamin yang mendapatkan pendidikan, maka yang dapat melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi adalah sebagai berikut : laki-laki 31,81% dan perempuan  30,74%.
Seperti yang ditampilkan dalam pembahasan sebelumnya yaitu jumlah penduduk berdasarkan usia dan jenis kelamin, tercatat jumlah perempuan usia produktif antara 20-49 tahun ada 48,58% dari jumlah total penduduk 1.757  jiwa. Dari jumlah tersebut yang tamat SLTA dianggap usia terendah 20 tahun berjumlah 9,25%.
Tingkat Pendidikan masyarakat Pangpajung adalah sebagai berikut :


3. Mata Pencaharian
Desa Pangpajung merupakan Desa agraris yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani, sebagaimana data dibawah ini.
Secara umum mata pencaharian warga masyarakat Desa Pangpajung dapat teridentifikasi ke dalam beberapa bidang pencaharian seperti : Petani, Buruh Tani, Pegawai Negeri Sipil (PNS), Karyawan Swasta, Perdagangan, Pedagang, Pensiunan, Transportasi, Konstruksi, Buruh Harian Lepas, Guru, Nelayan, Wiraswasta yang secara langsung maupun tidak langsung telah memberikan konstribusi terhadap perkembangan perekonomian masyarakat Desa Pangpajung.
Berdasarkan data tersebut diatas teridentifikasi, di Desa Pangpajung jumlah penduduk yang mempunyai mata pencaharian adalah 43,15%. Dari jumlah tersebut, kehidupan penduduk yang bergantung pada sektor pertanian yaitu 27,93% dari jumlah total  penduduk.
Jumlah ini terdiri dari Petani terbanyak dengan 64,43% dari jumlah penduduk yang mempunyai pekerjaan atau 27,80% dari jumlah total penduduk. 
Selain sektor mata pencaharian yang diusahakan sendiri, penduduk Desa Pangpajung ada yang bekerja sebagai aparatur pemerintahan, pegawai perusahaan swasta yang merupakan  yang merupakan alternatif pekerjaan selain sektor Pertanian. 



4. Pola Penggunaan Tanah
Penggunaan tanah di Desa Pangpajung sebagian besar diperuntukkan untuk tanah pertanian sawah sedangkan sisanya untuk tanah kering yang merupakan bangunan dan fasilitas-fasilitas lainnya. 

5. Kepemilikan Ternah
Jumlah kepemilikan hewan ternak oleh penduduk Desa Pangpajung adalah sebagai berikut :


6. Sarana Prasarana Desa
Sarana Prasarana Desa Pangpajung secara garis besar sebagai berikut :



7. Pertumbuhan Penduduk
Tingkat pertumbuhan penduduk Desa Pangpajung diambil berdasarkan tingkat pertumbuhan rata-rata penduduk Kecamatan Modung selama lima tahun rata-rata pertumbuhannya sebesar 5 % (sumber : Kecamatan dalam angka).






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Inisiasi Budidaya Ikan Lele

Inisiasi Budidaya Ikan Lele  Produk Unggulan  A. Latar Belakang   Desa Pangpajung merupakan salah satu desa yang terletak di Keca...