Halaman


Sabtu, 27 Juli 2019

Potensi Desa

Potensi Desa

Desa Pangpajung merupakan salah satu desa yang ada di Kabupaten Bangkalan dengan berbagai potensi yang dimilikinya, baik dalam sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dimilikinya. Berikut potensi Desa pangpajung antara lain :

1. Pertanian
Desa pangpajung memilki potensi besar dalam mengelola pertanian. Petani merasa sangat terbantu dengan adanya dua mata air sebagai saluran irigasi sawah mereka. Terbukti bahwa Desa Pangpajung mampu panen setiap tiga bulan sekali sehingga sangat wajar kesejahteraannya terjamin dengan hasil tanam yang melimpah. Mereka makan sehari-harinya dari hasil kerja keras sendiri. Diantara tanaman yang mereka tanam adalah padi, ubi-ubian, dan kacang tanah.



2. Pabrik Tahu
Pabrik tahu merupakan salah satu potensi Desa Pangpajung. Meskipun dimilki perseorangan, namun usaha perseorangan ini mampu menyerap banyak tenaga kerja dari masyarakat desa merupakan nilai lebih yang memberikan kontribusi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.



3. Sumber Mata Air Belerang
Sumber mata air belerang merupakan salah satu mata air yang terletak di dusun Geppeng. Sumber mata air ini digunakan sebagai salah satu saluran irigasi. Pengeboran dilakukan sedalam 55 Km, meski mengandung belerang namun mata air ini dapat digunakan untuk mengairi sawah para Petani Pangpajung.



4. Tambak Udang
Tambak udang merupakan salah satu potensi yang dimiliki masyarakat di desa Pangpajung. Tambak udang terletak di dusun Gumong, terdapat 3 tambak dengan isi 1.800 bibit/tambak. Usaha perseorangan ini cukup besar dan berkembang sehingga mampu mengeksplor ke luar kota.



5. Ternak Sapi & Kambing
Pangpajung selain berpotensi dalam bidang pertanian, juga berpotensi dalam peternakan. Salah satu hewan yang mendominasi adalah sapi dan kambing. Tidak heran bahwa kedua jenis hewan herbivore ini menjadi salah satu sumber pendapatan masyarakat desa Pangpajung.

Ternak Sapi

Ternak Kambing


6. Pandai Besi
Pertanian dan peternakan merupakan dua bidang yang ditekuni masyarakat Pangpajung, sehingga mereka sangat membutuhkan clurit, kapak dll yang dapat membantu pekerjaannya. Oleh karena itu, PANDHI ini terbuka untuk melayani service clurit dan alat lainnya. Pandai besi ini terletak di dusun Ba’alang.



7. Somor Kobhung
Somor kobhung konon dikatakan sebagai salah satu sumur yang berawal dari keluarnya pancuran air setelah ditancapkan sepotong kayu oleh seorang ustad yang dikenal sangat alim. Masyarakat menyebutnya sebagai somor tanto. Mereka meyakini bahwa air sumur ini mampu menjadi obat dan sehat untuk dikonsumsi. Sumur ini terletak di dusun Ba’alang.


8. Sumber Mata Air PASIMAS III
Sumber Mata Air PASIMAS III ini sebagai PDAM masyarakat desa Pangpajung  yang mampu membantu kebutuhan masyarakat keseluruhan. Desa hanya membutuhkan waktu 4 hari untuk pengeboran sedalam 70 Km. dengan adanya sumber mata air ini, masyarakat cukup terbantu secara mandiri.



9. Pabrik Tusuk Sate
Selain pabrik tahu , di desa pangpajung juga terdapat pabrik tusuk sate pabrik ini tidak sebesar pabrik tahu tetapi setiap hari pemesanan di pabrik selalu ada dan penjualan Tusuk Sate yang berasal dari desa pangpajung ini sudah dikenal di Pulau Madura.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Inisiasi Budidaya Ikan Lele

Inisiasi Budidaya Ikan Lele  Produk Unggulan  A. Latar Belakang   Desa Pangpajung merupakan salah satu desa yang terletak di Keca...